Makanan Penguat Ingatan

Dr. Zuhair Raabih al Qaraami

Bismillah

Pola makan yang tidak sehat serta makann yang tidak bergizi baik yang dikonsumsi setiap hari termasuk penyebab utama melemahnya daya ingat. sebaliknya terdapat sejumlah gizi dan pola hidup yang membantu, kita dapat menikmati ingatan yang kuat.

Sejumlah penelitian terhadap makanan menunjukkan terdapat sejumlah jenis mkanan sebagai sumber energi yang baik dan menguatkan daya ingt, karna mengandung sejumlah zat kimia yang dibutuhkan oleh otak ketika sedang bekerja, berfikir, menyelesaikan masalah dengan respon yang cepat, Unsur gizi terpenting yang dibutuhkan otak ialah sebagai berikut ;

– Vitamin B6. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6 yang berfungsi membangun jaringan saraf baru yang membawa serotin dan dopamin yang mampu meningkatkan daya ingat. vitamin B6 ini, antaralain dihasilkan oleh ; Umbi umbian, Pisang, Kentang, Wortel, Hati, dan Keju.

– Vitamin B12. Berbagai penelitian menunjukkan pentingnya Vitamin B12 ini bagi otak dan memfungsikan ingatan. sumber Vitamin B12 antara lain ; Hasil Olahan Susu, Daging Khususny Hati.

– Vitamin B1. Mengkonsumsi Vitamin B1 secara rutin sangat baik untuk meningkatkan daya ingat. sumber Vitamin B1  seperti Hati, Ragi, dan Telur

– Vitamin B2 juga sangat dibutuhkan oleh otak untuk meningkatkan fungsi mengingat. Vitamin ini dapat diperoleh dari bahan bahan makanan seperti ; Hasil Olahan Susu, Sayuran Hijau, Ragi, Daging dan Hati

– Lesitin, dan Kolin. kedua unsur ini terdapat dalam Vitamin B, berfungsi meningkatkan kemampuan, mengingat dan kinerja otak. keduanya juga berfungsi mempertahankan kemampuan kerja otak sehingga dapat berfungsi dalam waktu lebih lama. kedua zat ini terdapat dalam sebagian besar bahan makanan, khususnya yang mengandung unsur lemak.

Disalin dari ; Majalah Qiblati Edisi 02 Th VIII

Iklan