Membebaskan Hati dari Dengki

Dari Annas Bin Malik Rhodiallahuanhu di riwayatkan bahwa ia menceritakan: ”saat kami sedang duduk2 Bersama Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam tiba tiba beliau berkata : sekarang ada seseorang laki laki  yang keluar diantara kalian,ia seorang ahli syorga.” Keluarla seorang laki laki dari kalangan Al-Anshar,jenggotnya berteteskan air wudhu,menggantungkan sendalnya dengan tangan kiri.

Pada keesokan harinya,Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam kembali berkata ”sekarang ada seseorang laki laki  yang keluar diantara kalian,ia seorang ahli syorga” keluarlah seorang laki laki yang sama seperti kemarin

Saat Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam berdiri,abdullah bin Amru bin Ash mengikuti laki laki tersebut. ia bercerita”Aku ribut dengan Ayahku,aku telah bersumpah untuk tidak menemuinya selama 3 malam.aku ingin sementara tinggal di rumahmu hingga selesai waktu sumpahku” orang itu berkata ,”baik”

Anas melanjutkan ; ” Abdullah bin Amru menceritakan bahwa ia menginap di rumah laki laki itu selam 3 malam,akan tetapi ia belum pernah melihat orang itu tersebut sholat malam sedikitpun,Hanya saja ketika ia membalikkan badan  dalm tidurnya ,ia akan berdzikir pada Allah dan bertakbir ,sampai akhirnya ia bangun  pada waktu sholat subuh dan berwhudu dengan baik.

Abdullah menceritakan”hanya saja aku mendengarnya mengucapkan yang baik baik saja.setelah berlalu 3 hari ,hampir sja aku menganggap remeh amal perbuatnnya.

Aku berkata ; ” Wahai Abdullah ! Sesungguhnya  antara aku dan ayah ku tidak terjadi apa apa sehingga aku terpaksa pergi.akan tetapi aku pernah mendengar Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam berkata sebanyak 3 kali berturut turut dalam 3 kali pertemuan

”sekarang ada seseorang laki laki  yang keluar diantara kalian,ia seorang ahli syorga” pada 3 kesempatan itu,engaku lah yang keluar . aku sengaja ingin menginap di rumah mu untuk melihat amal perbuatanmu .Namun aku tidak melihatmu melakukan amalan amalan besar .Bagai mana mungkin engkau mendapatkan derajat sebagaimana yang dii ceritakan oleh rasulullah?

laki laki itu berkata , ” memang hanya demikianlah amal perbuatanku .” aku pun pergi meninggalkannya,saat aku membalikkan badan ku,laki laki itu memanggil ku dan berkata ; ” memang hanya demikianlah amal perbuatanku,hanya saja aku tidak pernah  memiliki kedengkian dalam hatinya terhadap seorang mukmin pun.aku tidak pernah merasa dengki
 terhadap kebaikan yang di dapat kan dari Allah .”

Abdullah bin Umar berkata : ” itulah perbuatan yang menghantarkan dirimu kepada drajat itu,itulah yang tidak mampu kalian lakukan.” ( Dikeluarkan oleh Ahmad dan An-NAsa’i. Al-Mundziri menyatakan ” sanadnya berdasarkan sistem periwayatan Al- BUkhari dan Muslim.” AL-Iraqi menandaskan ” sanadnya shahih menurut periwayatan Al-Bukhari dan Muslim )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s